Pages

Friday, July 11, 2014

ALAT UNTUK MEMBUAT WAYANG KULIT

ALAT UNTUK MEMBUAT WAYANG KULIT

Dalam kegiatan seni tatah sungging diperlukan alat-alat seperti berikut:
1.      Pandukan
   Pandukan adalah alat yang digunakan sebagai alas untuk memahat, pandukan pada umumnya dibuat darri kayu sawo, kayu ketos, kayu trengguli, yang sudah kering yang di potong dan dihaluskan.

2.      Tindhih
Disebut tindhih karena alat ini berfungsi untuk menekan (menindihi: jawa) kulit yang dipahat agar tidak bergeser. Berat tindhih kurang lebih 0,5 sampai 3 kg, tergantung besar kecilnya wayang akan di pahat. Tindhih yang dipilih harus bersih dari karat agar tidak mengotori kulit.
3.      Gandhen atau palu
Gandhen atau palu terbuat dari kayu yang berfungsi sebagai alat pemukul pahat pada saat memahat. Gandhen yang terlalu berat akan menyebabkan tangan pemahat akan cepat lelah, maka si pemahat harus bias menaksir sendiri beratnya.
Cara memegang gandhen atau palu adalah : tangan kanan, ibu jari, jari manis, jari tengah dan jari kelingking memegang tangkai gandhen,sedangkan jari telunjuk menumpu pada kepala gandhen untuk menjaga agar pemukulan gandhen tidak meleset.
4.      Malam
Malam berfungsi sebagai pelicin pahat agar mudah dicabut dari kulit. Malam biasanya ditempelkan pada kepala gandhen atau palu.sebagai pengganti malam dapat juga menggunakan sabun dan lilin.
5.      Tatah
Pahat atau tatah pada dasarnya ada dua macam yaitu pahat lurus dan pahat melengkung, hanya saja ukuran yang di buat bermacam-macam dari ukuran terkecil sampai ukuran terbesar. Pahat jumlah lengkapnya ada 14 macam terbagi dalam dua bagian yaitu tatah penguku dan tatah lantas atau tratasan.
Pahat penguku ada 10 macam yaitu:
a)      Bubukan (no.1)                            f) Gedawungan (no.6)
b)      Bubuk iring (no.2)                       g) Gubahan (no.7)
c)      Begal pipihan (no.3)                    h) Gubahan besar (no.8)
d)      Intan-intan (no.4)                         i) Pangrembo (no.9)
e)      Emas-emasan (no.5)                    j) Kuku bedahan (no.10)
Pahat lantas/tratasan ada 4 macam yaitu:
a)      Unton-unton (no.11)
b)      Bedahan (no.12)
c)      Trentenan (no.13)
d)      Tratasan (no.14)
6.      Ungkal

Ungkal berfungsi untuk mengasah tatah atau pahat .tatah yang berpucuk tajam diasah pada ungkal yang rata, sedangkan tatah yang lain diasah pada ungkal yang cekung atau cembung sesuai dengan bentuk tatahannya.

No comments:

Post a Comment